Jumat, 16 September 2016

Cara Membuat Hp Android Support USB OTG

OTG (On The Go) merupakan salah satu fitur yang ada pada smartphone android yang berfungsi untuk membaca dan mentransfer file dari flashdisk ke perangkat android atau sebaliknya menggunaka kabel USB OTG.
Untuk pengguna smartphone Android yang high class atau keluaran yang terbaru mungkin sudah terdapat fasilitas OTG,jadi tinggal beli kabel dan colok sudah dapat menggunakan fasilitas OTG.Namun untuk pengguna Android menengah kebawah mungkin sebagian besar belum support OTG, untuk mengatasi masalah ini sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan. Nah..kali ini saya akan berbagi untuk sobat blogger semua tentang Cara Membuat Hp Android Support USB OTG.
Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat Android kita Support Usb Otg, sayangnya syarat wajib yang harus dipenuhi adalah Android sudah dalam keadaan Rooted. Untuk sobat blogger yang Smartphone androidnya belum di root bisa baca : Cara Mudah Rooting Android Tanpa PC (KingoRoot)

Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuat supaya Smartphone kita bisa membaca flashdisk yang ditancapkan melalui kabel OTG, diantaranya adalah:

  • Dengan cara menggantikan Stock ROM bawaan ke Custom ROM yang support USB OTG (Rooted)
  • Cara yang berikutnya adalah dengan memakai aplikasi pendukung, hal ini akan berjalan jika kernel android mendukung (Rooted).
  • Dapat juga kita menggunakan kabel OTG yang bercabang dengan cara menjamper ke charger/power bank supaya terkoneksi, namun cara ini menurut saya agak ribet.
Cara yang saya gunakan kali ini adalah menggunakan aplikasi pendukung, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Meskipun dari stock ROM bawaan tidak mendukung namun saya berhasil terkoneksi ke Flashdisk menggunakan kabel OTG di Hp Lenovo milik saya.

Langkah - langkah Cara Membuat Hp Android Support USB OTG yaitu :

  • Buka Playstore cari aplikasi USB OTG Helper dan install seperti biasa.
  • Pasangkan flashdisk ke kabel OTG kemudian sambungkan ke Android yang sobat gunakan.
  • Buka aplikasi Root Explorer atau sejenisnya(kalau belum ada silahkan download di playstore) kemudian klik root/system/bin/ dan cari file yang bernama usb_init.shuntuk mengaktifkan mode OTG.
  • Klik file usb_init.sh kemudian pilih Execute. Jika muncul peringatan dari Usb Otg Helper,klik OK kemudian aplikasi USB OTG Helper akan terbuka. Pilih Mount untuk memulai menyambungkan dan Unmount untuk memutuskan sambungan.


Setelah sobat klik "Mount" akan terlihat pada status bar muncul icon aplikasi tersebut. Sampai tahap ini Android sobat sudah tersambung dengan flasdisk. Silahkan buka file manager dan akan terdapat folder baru bernama "UsbOtgDrives", yang merupakan tempat semua file dari flasdisk yang tersambung.

Perhatian :


Setelah sobat selesai menggunakan Usb Otg, Android sobat tidak akan bisa di charge.Namun jangan khawatir, Untuk mengatasinya silahkan matikan kemudian hidupkan lagi smartphonenya,maka akan normal kembali


Jika terjadi kegagalan setelah melakukan cara di atas,itu artinya tidak ada file usb_init.sh di dalam system android yang sobat gunakan.


Demikian berbagi untuk kali ini,semoga bermanfaat.
Jangan lupa jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke sobat yang lain yang membutuhkan.

3 komentar: