Jumat, 16 September 2016

Cara Menghemat Kuota Internet Melalui Aplikasi Firewall

Terkadang secara nggak sadar banyak aplikasi aplikasi yang secara diam-diam menggunakan koneksi internet.Jangan dikira hanya aplikasi semacam browser,jejaring sosial dan chating saja yang membutuhkan koneksi internet secara otomatis.Bahkan sebenarnya sebagian besar dari aplikasi android melakukan koneksi internet secara otomatis,sehingga secara otomatis pula kuota internet yang kita miliki akan cepat habis.Untuk mengatasi masalah ini,Andromedia22akan memberikan solusinya.

Cara Menghemat Kuota Internet Melalui Aplikasi Firewall


Firewall adalah semacam sistem pelindung antara perangkat dengan internet. Firewall akan melakukan seleksi setiap aktivitas yang terjadi untuk memilih yang aman atau yang tidak, dan yang telah di autorisasi.Firewall juga dapat mengatur aplikasi apa saja agar tidak berjalan secara otomatis seperti misalnya update,iklan,pemberitahuan atau apapun itu yang dapat mengirimkan data lisensi,data pribadi ke luar melalui jaringan internet.Menggunakan aplikasi Firewall juga akan sangat membantu mengurangi penggunaan kuota data seluler karena dengan aplikasi jenis ini kita dapat menghentikan aktifitas aplikasi-aplikasi yang menggunakan sambungan internet. Di android menurut saya ada dua jenis yang patut di Install sabagai Firewall.

Yang pertama yaitu Droidwall-Android Firewall. 
Hemat Data Seluler Dengan DroidWall
Bisa langsung sobat download melalui play store. Tapi sayangnya aplikasi ini membutuhkan Andriod yang sudah di Root.Sebagian pengguna Android mungkin ada yang tidak ingin perangkatnya di Root.Atau ada yang ingin di root tapi tidak tahu caranya, silahkan baca postingan saya tentang Cara Mudah Rooting Android Tanpa PC.
Untuk menggunakan aplikasi Droidwall-Android Firewall ini cukup lumayan mudah,setelah sobat install dan jalankan aplikasi ini sobat blogger bisa tahu aplikasi apa saja yang sudah terinstall di android, sobat bisa memilih aplikasi mana saja yang boleh melakukan akses ke internet melalui Wifi,3G atau keduanya.Untuk menjalankan aplikasi ini cukup buka menu lalu pilih firewall anabled.

Aplikasi yang kedua adalah NoRoot Firewall.
Hemat Data Seluler Dengan NoRoot Firewall
Dari namanya sudah jelas bahwa aplikasi ini tidak membutuhkan Root.Hampir sama dengan aplikasi yang pertama,NoRoot Firewall akan menahan aplikasi yang diam-diam menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini sebenarnya membuat sebuah VPN lokal di Android, lalu memonitor lalu lintas data yang keluar masuk, dan mendeteksi aplikasi-aplikasi yang aktif menggunakan koneksi internet.
NoRootFirewall mampu mengontrol semua aplikasi yang menbutuhkan koneksi internet sehingga sobat bisa dengan mudah mematikan koneksi pada aplikasi tertentu.Jika NoRoot Firewall dibuka dan dijalankan,secara default, aplikasi ini akan memblokir semua aplikasi.Sobat bisa dengan leluasa mengatur aplikasi mana saja yang diperbolehkan untuk terhubung ke internet. Dengan demikian kuota data yang kita miliki bisa lebih efektif dan tepat sasaran. Dan yang paling penting lebih irit tentunya…
Secara pribadi Andromedia22 lebih memilih untuk menggunakan NoRoot Firewall,karena lebih mudah penggunaanya dan tidak membutuhkan akses Root.

Demikian berbagi untuk hari ini, semoga bermanfaat...
Jika ada kesulitan silahkan ditanyakan di komentar...

1 komentar: