Rabu, 05 Oktober 2016

Cara Download Video Instagram dari File Cache di Android

Tidak selalu semua file cache harus dihapus dari perangkat. Walaupun file cache itu kita hapus secara rutin,maka aplikasi aplikasi yang telah kita jalankan akan membuat cache secara terus menerus sehingga kuota memori banyak terpakai olehnya. Cache sebenarnya sangat berguna untuk mempercepat transfer data baik di pencarian ataupun saat membuka aplikasi-aplikasi, jadi ada manfaat yang cukup besar dibalik itu semua.



Salah satu contohnya adalah Instagram, aplikasi ini juga menggunakan cache untuk menyimpan video dan file yang sedang kita lihat dan gunakan sehingga video yang sedang kita putar akan terasa lebih ringan dan mulus tanpa buffering. Nah...sehubungan dengan file cache tersebut berada di memori internal, maka otomatis semua video Instagram yang sudah diputar tadi bisa sobat ambil langsung untuk koleksi pribadi, selama sobat belum membersihkan cachenya. Sehingga sobat juga bisa menggunakan sebagai koleksi pribadi atau bahan upload ke akun youtube sobat. Lumayan thoo.....

Cara Mendapatkan Video Instagram di Android

Untuk mendapatkan video-video Instagram dari file cache menurut saya sangat mudah sekali. Yang pertama harus sobat lakukan adalah memainkan video instagram terpilih sampai selesai untuk menghasilkan suatu file atau cache video yang utuh. Kemudian jangan sampai lupa kita catat waktu pemutaran video tersebut di jam berapa.


Jika yang pertama sudah sebat lakukan dengan baik, kemudian dilangkah berikutnya sobat buka file manager lalu masuk ke direktori atau tempat penyimpanan pada perangkat sobat. Yaitu : (Penyimpanan Internal)/Android/data/com.instagram.android/cache/video/nah..disinilah cache itu berada..

Dilangkah ketiga, Selanjutnya akan banyak terlihat file-file yang ekstensi .clean. Nah.. sobat cari file yang waktu atau jamnya sama dengan video yang telah diputar dan catat waktu pemutaranya di langkah pertama tadi. Jika berkas atau filenya lebih dari satu, maka ambil yang ukurannya yang paling besar atau yang tidak ada tulisan -part nya. Kemudian sobat rename file tgersebut dari yang berekstensi .clean menjadi .mp4. Lebih jelasnya lihat gambar :



Catatan:
Sobat harus menggunakan aplikasi File Manager yang mampu merename ekstensi file, seperti X-plore atau yang sejenisnya.

Selesai...!
Sekarang sobat sudah bisa memutarnya menggunakan video player, selanjutnya sobat copy atau pindahkan file video tadi ke tempat yang lebih aman. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila suatu saat file cache aplikasi dihapus, maka semua yang ada disitu akan hilang. Sekian... !
Selamat mencoba!
Semoga Bermanfaat..

5 komentar:

  1. Bang kok d hape saya gak bisa ya kenapa

    BalasHapus
  2. mantap berhasil! thx info nya sangat membantuuu

    BalasHapus
  3. Kenapa saya nggak bisa.? Pas mau di edit yang ada bukan clean tapi exo.knpa demikian?

    BalasHapus
  4. Saya juga ngga bisa. Yg ada bukan clean tapi Exo n nama file nya kepanjangan

    BalasHapus